Home » » #4 Upaya Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot)

#4 Upaya Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot)

#4 Upaya Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot)

Upaya Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot) - Halo sahabat tercinta dimanapun sobat berada, berbicara mengenai smartphone platform android tentu tidak ada habisnya jika kita bahas, termasuk dalam bahasan kali ini mengenai upaya cara menagatasi android yang mati total (Matot) yang tentunya musti kita coba lakukan meski keberhasilannya tidak 100 persen karena memang setiap smartphone android yang matot berbeda penyebabnya.

Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot)

Secanggih dan semahal apapun smartphone android, merupakan barang elektronik yang rentan terhadap kerusakan, bisa disebabkan karena cacat atau gagal produksi, human error seperti jatuh, tertimpa benda berat dan terkena air, maupun mungkin karena sudah termakan usia.

Jika sobat mengalami hal buruk yakni smartphone sobat secara mendadak tidak mau menyala atau matot, jangan panik terlebih dahulu, belum tentu smartphone android sobat rusak, kadang kadang sobat cuma harus melakukan beberapa trik tertentu agar smartphone android kesayangan sobat dapat hidup dan normal kembali, berikut beberapa trik dalam upaya cara menghidupkan smartphone android sobat yang tiba tiba mati total (matot).


Upaya Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot)

1. Charge Smartphone Android

Smartphone android sobat tiba tiba mati total (Matot) bisa karena bug atau saking banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, terkadang kita tidak sadar smartphone kita kehabisan daya, Apalagi jika sebelum tidur, baterai hanya tersisa 30%. Ketika kita bangun, smartphone Android sudah mati dan tidak mau menyala ketika dihidupkan.

Coba lakukan pengisian daya (charge), jangan langsung dinyalakan, Biarkan selama beberapa waktu sekitar 15-20 menit, agar baterai ponsel terisi kembali, Baru setelah baterai terisi, tekan tombol Power untuk mencoba menyalakan kembali, jika tidak berhasil lanjut ke trik berikutnya.

2. Lepaskan Baterai Smartphone Android 

Terkadang masalahnya sedikit serius daripada sekedar baterai lowbat, misalnya smartphone android sobat terjebak dalam proses booting yang tiada henti atau karena bootloop. Trik yang bisa sobat lakukan adalah dengan melepas baterai, lalu pasang kembali baterai smartphone android sobat dan nyalakan kemabali.
Untuk baterai yang menyatu dengan body smartphone android, vendor smartphone biasanya menyediakan sebuah tombol khusus untuk secara paksa mematikan daya ponsel ketika keadaan darurat atau tekan tombol Power agak lama (20-30 detik). Dengan melakukan ini, sobat memotong satu-satunya sumber daya smartphone, mustinya ini sudah memecahkan masalah dan membuat smartphone sobat kembali proses booting dengan benar.

3. Lakukan Factory Reset di Recovery Mode

Jika smartphonesobat kadang nyala, kadang terjebak dalam booting ataupun nyala dan kemudian mati lagi. Mungkin masalahnya terletak pada perangkat lunak, hal ini kadang terjadi setelah sobat melakukan update Android ke versi terbaru atau menggunakan custom ROM dan melakukan beberapa tweak sistem.

Untuk upaya mengatasi masalah ini, sobat bisa mencoba melakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus semua data dalam ponsel dan kembali seperti baru, Pastikan sobat sudah melakukan back updata-data penting, cara ini harus dilakukan jika memang smartphone masih bisa menyala namun sudah tidak stabil.

Umumnya untuk melakukan factory reset, pertama sobat bisa melakukannya di bagian setting smartphone, namun jika sobat sudah tidak bisa mengakses smatrtphone sobat karena mati total, tentunya sobat musti mematikan ponsel dan menyalakannya kembali dengan kombinasi tombol volume atas + volume bawah + tombol power. Kombinasi tombol bervariasi, bergantung dari tipe smartphone dan produsen pembuat smartphone.
Setelah sobat berada dalam recovery mode, navigasi up down biasanya menggunakan tombol volume dan carilah pilihan Factory Reset. Setelah sobat menemukan opsi factory resst, gunakan tombol Power untuk eksekusinya, namun jika dengan cara ini belum berhasil juga mengatasi matotnya android sobat sobat bisa melakukan langkah berikutnya.

4. Lakukan Flashing Smartphone Android

Setelah melakukan factory reset (reset ulang smartphone kepengaturan pabrik) namun tidak berhasil juga, sobat bisa melakukan flashing pada smartphone android sobat, flashing adalah metode menghidupkan smartphone android yang sudah mati total atau terjadi bootloop (mentok di logo) dengan trik khusus, jika sobat ingin nge flash sendiri smartphone sobat, sobat bisa ketahui cara caranya disini, namun jika terlalu ribet dan nggak mau ribet mending bawa saja ke konter yang bisa flashing android.

5. Mungkin Smartphone Sobat Memang Rusak

Jika semua proses dalam upaya cara mengatasi smartphone android diatas sudah dilakukan namun smartphone android sobat masih belum bisa hidup, terima saja kenyataan pahit nya, ya mungkin memang smartphone sobat sudah rusak karena terlalu akut kerusakannya menyangkut hardware smartphone dan musti di lembiru (lempar beli yang baru) atau jika masih ada garansi sobat bisa klaim garansi tersebut ke service center smartphone sobat.
Itulah 4 trik sederhana, yang bisa sobat lakuin jika HP android sobat mendadak mati, jika masalahnya pada software masih bisa diotak-atik, beda kalau sudah menyangkut hardwarememang harus dibawa ke service center. Jika ada tambahan dari sobat yang pernah mengalami hp android matot dan bisa hidup kembali, sematkan di kolom komentar di bawah ini ya, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Thanks for reading #4 Upaya Cara Mengatasi Android yang Mati Total (Matot)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 Comments:

Post a Comment