Home » » 3 Upaya Mempercepat Koneksi Internet di Android

3 Upaya Mempercepat Koneksi Internet di Android

3 Upaya Mempercepat Koneksi Internet di Android


Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android - Halo sobat droid tercinta dimanapun kamu berada, saat ini internet telah menjadi kebutuhan setiap orang, tua muda semua memanfaatkan keberadaan internet untuk berbagai kepentingan, mulai dari penggunaan sosial media, melakukan browsing untuk mencari informasi, menonton konten video dan hal lainnya yang bersifat online.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Untuk mengakses internet di era modern ini jauh lebih mudah ketimbang era dulu, siapa pun dan kapan pun dapat berselancar di internet dan eksis didunia internet, apalagi saat ini sedang marak teknologi smartphone yang memudahkan kita dalam mangakses informasi lewat ponsel pintar yang biasa kita sebut android device.
Dengan ponsel android kita dapat melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia internet, untuk terhubung dan mengakses internet tentunya dibutuhkan jaringan koneksi internet yang stabil dan cepat, karena jika koneksi internet yang kita gunakan lemot alias lelet maka fungsi dari android itu tidak optimal.
baca juga Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Tanpa Root
Kitapun akan merasa jengkel dan kesal karena akses informasi yang kita butuhkan akan sangat lambat kita peroleh, tak sedikit pengguna ponsel android yang mengeluhkan koneksi internet yang lemot pada ponsel yang ia gunakan, sebenarnya lemot dan leletnya koneksi internet terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Diantaranya yaitu, device yang digunakan, opertaor yang digunakan serta letak geografis atau daerah pengakses internet, ketiga hal ini lah yang menjadi dasar cepat atau lambatnya koneksi internet itu sendiri, namun meskipun demikian, ada loh beberapa upaya sederhana yang bisa dilakukan dalam mempercepat koneksi internet berikut diantaranya.


3 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

1. Gunakan Browser Tercepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam mempercepat koneksi internet android adalah dengan memilih browser ringan dan cepat, karena hal ini berpengaruh besar terhadap kecepatan koneksi internet di android dan hasil browsing yang optimal.

Ingat ya, saya menyarankan untuk memakai browser tercepat bukan browser terbaik, Browser terbaik belum tentu cepat namun browser tercepat sudah tentu baik untuk koneksi internet android dan hasil dari browsing kamu di internet akan cepat dan optimal.

Browser tercepat yang bisa kamu gunakan saat ini adalah opera mini yang bisa kamu download secara gratis di Play Store, Browser ini merupakan browser yang ringan dan canggih, apa sih yang membuatnya ringan dan canggih? Browser Opera Mini tidak langsung menanggapi request saat digunakan browsing.

Setiap requets akan diarahkan melalui server terlebih dahulu untuk dikompres, agar ukuran file menjadi lebih kecil, Setelah itu baru dikirimkan ke perangkat selular, teknologi kompres ini adalah sebuah cara untuk mempercepat pengiriman data dan tentunya akan mempercepat koneksi internet di android kamu.

2. Non-Aktifkan Data Latar Belakang dan Auto Sync

Pada android biasanya banyak sekali terdapat aplikasi yang secara otomatis berjalan dilatar belakang, seperti aplikasi BBM, Messanger, Faceook dan lainnya, tentu aplikasi yang diam diam berjalan dilatar belakang ini akan menghambat koneksi internet kamu, karena terus menerus terhubung dengan internet.

Selain itu, Aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut juga dapat mengurangi kecepatan download dan juga browsing, tentu hal ini sangat mengganggu bukan? untuk itu, kamu musti menonaktifkan aplikasi yang berjalan dilatar belakang tersebut agar koneksi internet di ponsel android kamu dapat berjalan lancar.

Coba kamu perhatikan statistik pada gambar berikut, disini terlihat bahwa aplikasi yang berjalan dilatar belakang cukup banyak memakan ram dan memakan data internet, tentunya hal ini mengganggu koneksi internet pada ponsel android kamu, sehingga memperlambat koneksi internet.

Untuk itu kamu musti menon-aktifkan data latar belakang, caranya adalah masuk ke Pengaturan>Pilih Jaringan Data lalu pilih Batasi Data Latar Belakang


Karena Pengaturan atau Settingan di setiap android berbeda, jadi kamu musti menyesuaikan pengaturanya sesuai versi smartphone android yang kamu gunakan.

Kemudian untuk menonaktifkan Auto Sync silahkan masuk ke Pengaturan > Akun > pilih non aktifkan auto Sync, selesai.


3. Gunakan Jaringan yang Stabil di Lokasi Kamu Saat ini

Cara ketiga ini merupakan cara yang paling efektif yang bisa kamu terapkan dalam upaya mempercepat koneksi internet android kamu, Pada andoid terdapat beberapa jenis jaringan yang di gunakan yaitu GPRS, EDGE, 3G, HSPA, HSPDA dan 4G LTE, yang setiap jenisnya memiliki tingkat kecepatan berbeda.

GPRS merupakan jenis jaringan internet terlambat sedangkan 4G LTE merupakan jaringan internet tercepat yang tersedia di indonesia saat ini, nah dalam upaya mengatasi masalah pada koneksi internet di android yang melambat kamu musti menyesuaikan jaringan yang stabil didaerah pada saat kamu mengakses internet.

Sebagai gambaran, jika di daerah kamu koneksi internetnya stabil di jaringan 3G maka kamu musti merubah settingan jaringan di android menjadi 3G only, tapi jika di daerah kamu ternyata jaringan 3G tidak stabil, namun masih memaksakan menggunakan jaringan 3G ony maka dapat dipastikan kecepatan internet akan lambat, lalu bagaimana melakukan setting configurasinya?

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Pilih lainya.
  • Lalu pilih jaringan selular.
  • Tap jenis jaringan yang di pilih.
  • Terakhir pilih 3G atau 3G only.

Selain menggunakan cara diatas kamu juga bisa men-setting jaringan 3G only di android kamu menggunakan tombol rahasia yang tersedia berikut caranya.

  • Tekan *#*#4636#*#*
  • Setelah masuk, pilih informasi perangkat.
  • Pilih WCDMA Only.

Biasanya Pengaturan pada setiap android bisa saja berbeda, tinggal kamu sesuaikan sendiri pada ponsel android yang kamu gunakan saat ini.
baca juga Cara Menstabilkan Jaringan Internet Lemot di Android
Berikut adalah 3 upaya cara mempercepat koneksi internet yang lemot di android kamu, jika kamu mengikuti ke tiga langkah diatas seharusnya koneksi internet kamu akan cepat dan lebih stabil, namun jika masih lemot, gunakan operator internet dengan koneksi tercepat di daerah kamu, sekian dan terima kasih semoga membantu.

Thanks for reading 3 Upaya Mempercepat Koneksi Internet di Android

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 Comments:

Post a Comment